Wednesday, November 21, 2007

10 PESAN ANAK UNTUK ORANG TUA

1.. Tangan saya masih kecil. Tolong jangan mengharapkan kesempurnaan setiap kali saya merapikan tempat tidur , menggambar, atau melempar bola. Kaki saya masih pendek . Tolong perlambatkan agar saya boleh berjalan beriringan dengan ayah/bonda.

2.. Mata saya belum melihat dunia seperti yang ayah/bonda lihat. Tolong izinkan kami menjelajahinya secara aman .Jangan memberikan larangan yang tak perlu .

3.. Selalu akan ada saja pekerjaan di dalam rumah tangga. Saya masih kecil untuk waktu yang begitu singkat . Tolong luangkan lebih banyak waktu untuk menjelaskan dunia yang ajaib ini , dan lakukan secara tulus ikhlas.

4.. Perasaan saya masih halus. Tolong sensitif terhadap keperluan kami. Jangan memarahi saya sepanjang hari. ayah/bonda pasti tak senang kalau dimarahi karena ingin tahu. Perlakukan saya seperti ayah/bonda ingin diperlakukan.

5.. Saya adalah hadiah yang istimewa dari Tuhan. Tolong perlakukan saya sebagai harta berharga , berikan bimbingan untuk semua tindakan saya. Beri saya panduan tentang cara menjalani hidup dan mendisiplin saya dengan cara manis.

6.. Saya memerlukan dorongan dan pujian ayah/bonda untuk membesar. Tolong jangan cepat mencela. Ingat , ayah/bonda dapat mengkritik hal-hal yang saya kerjakan tanpa mencela saya.

7.. Tolong beri saya kebebasan untuk membuat keputusan-keputusan tentang diri saya sendiri . Izinkan saya untuk gagal sehingga saya dapat belajar dari kesalahan -kesalahan saya. Lalu suatu hari , saya akan dapat membuat keputusan-keputusan yang dituntut hidup dari saya.

8.. Tolong jangan kerjakan segalanya untuk saya. Kadang, cara ini membuat saya merasa keupayaan saya tidak sesuai dengan harapan ayah/bonda. Saya tahu ini sulit, tapi tolong jangan membandingkan saya dengan saudara perempuan/ laki-laki saya.

9.. Tolong jangan takut untuk pergi ke pekan bersama . Anak-anak perlu hiburan tanpa orangtua , sama seperti orangtua perlu hiburan tanpa anak-anak. Selain itu, berhibur hanya berdua adalah cara baik untuk menunjukkan kepada kami, anak-anak , bahwa perkahwinan ayah/bonda sangat istimewa.

10.. Tolong ajak kami beribadah secara teratur , beri contoh yang baik untuk saya teladani.

No comments: